Program Anti Korupsi, China Hukum Jutaan Pejabat Korup

MATANGASA, Jakarta – Program antikorupsi yang diterapkan Presiden China, Xi Jinping, telah menghukum 1,34 juta pejabat tingkat rendah sejak tahun 2013 menurut Badan anti Korupsi China.

Pejabat yang dihukum meliputi 648 ribu pejabat desa, dan korupsinya pun dalam jumlah kecil berdasarkan temuan Komisi Pusat Inspeksi Disiplin (CCDI). Pejabat desa dan kota, serta sejumlah tokoh terkenal juga terjaring oleh gerakan-gerakan anti korupsi.

Bahkan, ketua komite antikorupsi kementerian keuangan China pun diselidiki akibat dugaan korupsi pada Agustus lalu. Pada september, seorang perwira senior militer yang menduduki jabatan di Komisi Pusat Militer ditahan akibat korupsi.

155 ribu atau 94.8 persen kantor cabang partai tingakt propinsi telah membuat mekanisme kebijakan anti korupsi menurut CCDI.

Pada bulan oktober ini China akan mengadakan kongres partai komunis yang ke-19. Pada kongres yang digelar dua kali dalam satu dekade ini presiden Xi Jinping akan mendorong kebijakan-kebijakannya dan mengkonsolidasikan kekuasaan. Ia menegaskan bahwa program antikorupsinya akan mensasar “macan dan lalat” yaitu pejabat tingkat tinggi dan rendah sebagai prioritas kerjanya kedepan.

Xi dipuji oleh banyak pihak karena menggalakkan gerakan antikorupsi di tubuh pemerintah, apalagi korupsi di kalangan pejabat pemerintah menjadi masalah besar sejak menjabat pada 2012.

(Hh)
Baca Juga :  Dosen Asing sebagai Suatu Paradoks Peran Perguruan Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *