Richard Thaler Raih Nobel Ekonomi 2017

MATANGASA, Stockholm – Richard H Thaler, seorang ekonom asal Amerika Serikat dinobakan sebagai peraih Nobel 2017 oleh Royal Swedish Academy asas sumbangannya terhadap bidang ilmu ekonomi perilaku. Thaler berusaha untuk merapatkan jurang antara analisis ekonomi dan psikologi yang telah banyak membantu para decision maker di seluruh dunia.

Royal Swedish Academy dalam keterangannya menyatakan bahwa temuan empirik Thaler dan wawasan teoritisnya telah berkontribusi banyak dalam membentuk bidang baru yaitu ekonomi perilaku yang sangat bermanfaat bagi para stakeholder.

“Memahami psikologi ekonomi. Secara total, kontribusi Thaler telah membangun jembatan antara ekonomi dan psikologi analisis individu pengambil keputusan” demikian Royal Swedish Academy of Sciences, Senin (9/10), saat mengumumkan Thaler sebagai peraih Nobel dan berhak atas hadiah sebesar sembilan juta Swedish Crown atau setara dengan 1.1 Juta Dollar AS.

Riset yang dilakukan oleh Thaler terkait bagaimana psikologi dapat mempengaruhi pengambilan keputusan. Riset yang dilakukan Thaler ini banyak menginspirasi para ekonom dan analis di seluruh dunia untuk berpikir out of the box, demikian disampaikan Royal Swedish Academy Of Sciences.

Pada tahun 2008 silam Thaler menulis sebuah buku yang berjudul “Nudge” yang berisikan pemikiran dan riset yang dilakukannya. Kebijakan ekonomi banyak terpengaruh berkat karya Thaler ini.

Saat ini Thaler menjabat sebagai professor bidang ilmu perilaku dan ekonomi di University of Chicago. Dengan dianugerahkannya Thaler sebagai peraih Nobel Ekonomi mengukuhkan dirinya sebagai orang yang ke-79 menerima penghargaan prestis dari Royal Swedish Academy of Sciences ini.

Mendiang “Alfred Nobel” yang meninggal tujuh dekade silam ini dikenang dengan pemakaian namanya sebagai penghargaan internasional prestise. Terutama dalam bidang Nobel Ekonomi ini diselenggarakan oleh Swedish National Bank bidang ekonomi.

Baca Juga :  IMF Revisi Naik Pertumbuhan Ekonomi, Bursa China Rebound
(Hh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *