Pekerjaan Manusia Akan Diambil Alih Robot?

oleh Oki Suprianto, S.Pd

(Penulis adalah Guru SMK Bina Warga Bandung dan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Pascasarjana UPI)

 

Kita mungkin tidak asing lagi dengan film kartun yang begitu melegenda seperti doraemon. Meskipun episod demi episod tayangannya terus diputar sama namun seolah tidak ada rasa bosannya, saat kita masih SD sampai kita sudah dewasa bahkan memiliki anak kecil lagi seolah kita merasakan romantisme masa kanak-kanak dulu saat menontonnya. Menariknya lagi, film ini sangat menonjolkan berbagai teknologi super canggih yang memudahkan setiap pekerjaan manusia mulai dari pekerjaan pribadi di rumah sampai kepada pelayanan umum menggunakan teknologi modern luar biasa. Tak jarang teknologi semacam robot pun diperlihatkan sebagai sarana dalam membantu manusia mempermudah meyelesaikan setiap pekerjannya.

Pernahkah kita membayangkan pada suatu masa nanti kehidupan di dunia ini tidak akan jauh berbeda seperti yang dikisahkan dalam film doraemon tersebut? Semua mungkin bisa  saja terjadi, baling-baing bambu yang ada dalam film doraemon saat ini menjelma menjadi sebuat jet pack yang bisa membantu manusia terbang. Kondisi seperti ini membuat manusia nyaman, lebih ringan dalam menyelesaikan setiap urusannya dan pada akhirnya manusia memiliki ketergantungan terhadap teknologi yang mampu menggantikan perannya. Tidak hanya itu, secara realitas dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menyaksikan sendiri, pangatur tiket masuk untuk parkir ke dalam beberapa gedung/tempat menggunakan mesin yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Jika hendak memasuki area jalan tol, maka saat ini kita pun jarang menemukan manusia sebagai penjaga sekaligus pelayan tiket masuk tol, yang ditemukan justru mesin elektronik tol (e-tol) yang secara otomatis akan menentukan berhak tidaknya pengendara roda empat untuk masuk ke ruas jalan tol atau tidak tergantung pengendara memiliki tidaknya e-tol tersebut.

Fenomena tersebut di atas belum seberapa jika dibandingkan dengan  kondisi di beberapa negara lain seperti Jepang, Thailand, Singapura, ataupun China. Berdasarkan yang dilansir dari media China Lianhe Zaobao, Rabu (31/01/2016) bahwa Rong Heng Seafood Restaurant menggunakan robot untuk memenuhi setiap kebutuhan tenaga kerja. Pemiliki restoran ini tentu berharap bisa menghemat sepertiga tenaga kerja melalui inisiatifnya mengingat sulitnya untuk mempekerjakan orang. Secara kebutuhan, gerai tersebut memerlukan total 15 pelayan, tapi cukup 10 pelayan yang direkrut sisanya dilakukan dengan bantuan robot palayan.  Tentu saja, pemiliki gerai bukan tanpa alasan memilih robot sebagai pelayan di sana, bagaimana pun saat sang majikan kesal maka robot tidak akan marah, tidak perlu untuk digaji dan juga tidak memerlukan cuti karena sakit atau pun ada keperluan lainnya sebagaimana manusia. Tiap robot dibandroldengan harga lebih dari SG$14.000 (Rp 134,4 juta). Sementara pramusaji (pegawai biasa) digaji sekitar SG$30.000 (Rp 288,1 juta) per tahun. Secara hitungan matematis, biaya robot sebagai pelayan tentu lebih murah dibandingkan dengan pramusaji.

Baca Juga :  Kemenangan Di Pilgub Jabar Melalui Politik yang Dicitrakan sebagai Indikator Kemunduran Demokrasi

 

Robot Masa Depan

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa banyak perubahan dalam banyak aspek. Hasil perubahan tersebut bisa dinilai seperi dua sisi mata uang. Sisi yang satu berhasil memudahkan kehidupan manusia, sisi lainnya mempersempit lapangan kerja manusia. Contoh nyata yang bisa dilihat saatini mesin-mesin canggih dan roboh sudah dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia dengan baik. Merujuk pada sebuah hasil survei di Amerika Serikat (AS), ada 50 persen pekerjaan manusia siap digantikan mesin, kondisi ini bisa saja terjadi di setiap negara termasuk di Indonesia, hanya soal waktu yang mungkin berbeda. Dilansir dari laman stillunfold.com berikut merupakan tujuh pekerjaan manusia yang memungkinkan diambil alih oleh robo.

  1. Guru

Tugas guru sebagai pengajar bisa diambil alih oleh sebuah robot bernama Lada buatan London Design and engineering University Technical College. Robot ini dilengkapi dengan sebuah sensor yang membantu root untuk mendeteksi gerakan siswa yang diajarnya. Selain itu, robot dilengkapi dengan sebuah mikrofon dan kamera HD yang membantu robot untuk mudah berinteraksi dengan siswa di kelas. Lada merupakan robot otomatis pertama di Negara Inggris.

  1. Pustakawan

Robot canggih berikutnya yang bisa menggantikan manusia dalam bekerja ialah sebagai pustakawan. The Singapore Agency for Science Technology and Research telah berhasil mengembangkan pustakawan robot. Sensor laser yang ada pada robot mampu digunakan untuk memindai sekaligus membedakan mana buku yang hilang dan akan menggantinya dengan buku lain.

 

  1. Peternak

Australian Center for Field Robotic berhasil membuat sebuah robot yang bisa mengawasi hewan ternak seperti domba, sapi dan lain sebagainya. Kelebihan robot ini bisa berjalan di ladang pertanian. Selain itu, robot dikemas dengan sebuah sensor yang mampu memasukkan ternak ke dalam kandang, memonitoring kesehatan mereka dan dapat memilah kualitas dari padang rumput.

  1. Penjaga keamanan
Baca Juga :  Orang Tua Bijak, Mengenal Tantrum Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Tugas lain manusia yang bisa digantikan oleh robot yaitu bagian penjaga keamanan. Robot penjaga ini secara perdana dipekerjakan di pusat perbelanjaan di California. Kelebihan robot ini mampu memindai aktivitas serta perilaku tidak biasa di mana mereka bertugas. Selain itu, Knightscope k5 robot merupakan penjaga keamanan tertinggi untuk melindungi dan menjaga bisnis.

  1. Novelis

Bagi pecinta novel mungkin tidak asing lagi dengan buku terpopuler di Rusia yang berjudul True Love. Buku ini dinominasikan sebagai buku dengan tingkat popularitas besar sekaligus menjadi novel terbaik pada masanya. Namun, siapa tahu bahwa buku ini merupakan hasil kerja dari sebuah komputer.

  1. Chef

Jangan salah, sejumlah robot juga memiliki kemampuan di bidang memasak. Para koki robot memiliki kemampuan untuk belajar resep baru sesuai dari petunjuk. Tak hanya itu, pada robot ini juga mampu menghidangkannya bahkan sampai membersihkan dapur setelah selesai memasak. Moley Robot merupakan robot chef paling handal yang memungkinkan bisa menggantikan posisi manusia yang bekerja sebagai koki.

  1. Bayi

Robot asal Jepang yang satu ini siap menggantikan bayi manusia. Namanya Kirobo. Robot ini diciptakan dengan kemampuannya yang dapat berjalan, merangkak, sampai berbicara sebagaimana bayi pada umumnya. Bayi robot ini tidak suka menangis dan bisa dibawa dengan menyimpannya di kantung celana.

 

Laju perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) manjadi suatu kepastian. Robot yang dirancang dengan kecerdasan buatan tidak hanya bisa melakukan satu hal saja. Mereka bisa mempelajari beberapa hal baru yang dikerjakan oleh manusia hanya dengan melihat video panduan atau secara langsung. Robot memang memiliki banyak efesiensi dari segi ekonomis, kepraktisan, dan lamanya kerja jika dibandingkan dengan manusia sehingga bukan tidak mungkin setiap perusahaan atau industri melirik robot untuk dijadikan pekerja di dalamnya. Namun demikian, manusia tentu jangan sampai ‘mendewakan’ robot, bagaimana pun juga robot merupakan hasil buah tangan manusia. Mereka tidak serta merta bisa menggantikan peran manusia semisal menjadi guru, karena tugas guru bukan sekedar mengajar, menyampaikan materi saja lebih dari itu ia bertanggung jawab juga sebagai pendidik yang mendidik anak agar berperilaku lebih baik, memiliki perubahan signifikan dari aspek pengetahuan, sikap, serta perilaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *